Beranda > Operating System > Windows 7 Release Candidate build 7100

Windows 7 Release Candidate build 7100

Bismillah,

Artikel berikut ini adalah salinan dari artikel saya pada pranala ini, dengan sedikit penyesuaian. Pada tulisan kali ini saya akan mengupas sedikit mengenai seri terbaru dari sistim operasi yang dibuat oleh Microsoft yang bernama Windows 7, versi yang sekarang telah ada adalah versi Release Candidate  (build 7100) dari Windows 7. Yah mungkin tulisan saya ini sudah agak basi, karena sebenarnya release candidate ini telah di rilis cukup lama.

Bisa dikatakan Windows 7 ini adalah perbaikan dari Microsoft atas kegagalan sistim operasi mereka yang resmi saat ini yaitu Windows 6 atau Windows Vista. Manajemen memori yang lebih baik itu menurut saya yang bisa dikatakan dari versi windows terbaru ini. Saya mencoba menggunakan Windows 7 Release Candidate yang versi 64 bit, dengan modal nekat saya menginstallnya di komputer yang memiliki spesifikasi cukup dibawah yang direkomendasikan di situs resminya, dengan RAM hanya 1GB, sedangkan permintaan rekomendasi minimal dari Windows 7 64 bit adalah 2GB. Namun, pada kenyataannya pada saat keadaan idle windows 7(64 bit) hanya memakan memori tak lebih dari 500 Mega, sedangkan ketika saya dulu mencoba installasi windows vista (32 bit) pada komputer yang sama konsumsi memori rata-rata berada di atas 700 Mega.

memory+cpu pada saat idle
memory+cpu pada saat idle

Bagi pembaca yang berminat dapat diunduh dari halaman resmi ini. Sebelum mulai mengunduh windows 7 Release Candidate ini perhatikan catatan-catatan berikut:

  • You don’t need to rush! The RC will be available at least through July, and we’re not limiting the number of downloads or product keys. So you have plenty of time.
  • Installation: If you are running Windows 7 Beta you’ll need to back up your data (preferably on an external device) and then do a clean install of the Windows 7 Release Candidate. Then, you’ll need to reinstall applications and restore your files. If you need help, please see the Installation Instructions.
  • Tech details/updates: before installing the RC, please read the Release Notes and Things to Know for important information about the release.
  • Routine news: For day-to-day news, keep an eye on the team blog. And, you can get non-technical news, tips, and offers by subscribing to the monthly Exploring Windows newsletter.
  • Back up your data: We know you know this already, but please back up your data and please don’t test the RC on your primary home or business PC.
  • Keep your PC updated: To get critical updates, be sure to turn on automatic updates in Windows Update.
  • Remember expiration dates: Please plan ahead for the Beta and RC expiration dates. To avoid interruption, you’ll need to rebuild your test machine using a valid version of Windows before the software expires. Windows will notify you that the expiration process is beginning and two weeks later your PC will begin shutting down every two hours. The Beta expires on August 1, 2009, and bi-hourly shutdowns will begin July 1, 2009. The RC will expire June 1, 2010, and the bi-hourly shutdowns will begin on March 1, 2010. In both cases, you’ll need to rebuild your test PC to replace the OS and reinstall all your programs and data.

Jika pembaca tertarik untuk menggunakan windows legal (hingga Maret 2010), mencoba installasi windows 7 tidak ada salahnya karena pengguna tidak harus membayar lisensi untuk menggunakan windows 7 Release Candidate ini. Persyaratan komputer yang direkomendasikan untuk menggunakan windows 7 ini adalah sebagai berikut:

  • 1 GHz or faster 32-bit (x86) or 64-bit (x64) processor
  • 1 GB RAM (32-bit) / 2 GB RAM (64-bit)
  • 16 GB available disk space (32-bit) / 20 GB (64-bit)
  • DirectX 9 graphics processor with WDDM 1.0 or higher driver

Tetapi nampaknya tidak harus semua dipenuhi dengan baik. Sebagai alternatif solusi untuk Windows legal tanpa harus bayar lisensi mahal, tampaknya Windows 7 patut dicoba. Selain itu windows 7 ini lebih kencang daripada windows vista. Ada seorang teman yang nyeletuk, “Windows 7 itu seindah Vista, sekencang XP”. Ya memang tampilan grafisnya seindah windows vista (bahkan lebih baik), namun lebih kencang dan tidak terlalu banyak memakan resource komputer.

Oh ya, jangan lupa untuk melakukan aktivasi terhadap windows 7 ini jika anda telah installasi. Namun, sayangnya aktivasi harus melalui internet sehingga mau tak mau komputer harus memiliki koneksi ke internet jika ingin diaktivasi. Jika dalam waktu 30 hari tidak akan diaktivasi maka ketika anda memulai windows 7 akan ada peringatan untuk melakukan aktivasi secara tetap. Selain itu product key yang didapat ketika mengunduh windows 7 ini dapat digunakan pada 3 komputer terpisah.

Sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar